Selasa, 17 Februari 2009

Braga, Lain Dulu Lain Sekarang

Syahdan, Jalan Braga yang merupakan ikon Kota Bandung hingga kini, tentunya selain jalan lainnya seperti Asia Afrika, Jalan Cihampelas, merupakan daerah pelesiran bagi orang-orang Belanda masa silam. Setiap sudut kota telah dijadikan pusat pemandangan yang dibuat seartistik mungkin pada masa itu. Tak jarang setiap tamu yang berkunjung secara resmi atau kenegaraan tak pernah melewatkan jalan Braga sebagai tempat yang seolah wajib untuk dikunjungi.

Banyaknya gedung dengan nilai arsitektur menawan telah menjadikan Braga punya nilai histori tinggi. Peninggalan sejarah yang lebih dominan adalah gedung-gedung dengan arsitektur khas Belanda; tinggi menjulang dengan ornamen berselera Eropa.

Gedung Landmark adalah salah satu peninggalan itu. Konon, menurut warga sekitar gedung ini dulunya adalah tempat berdansanya nyonya-nyonya Belanda. Setiap akhir pekan, para isteri Londo itu asyik memainkan tubuhnya dengan iringan musik yang kadang lembut, kadang menghentak.

Sejarah perkembangan kehidupan adalah metamorfosis dari bergulirnya hidup itu sendiri. Jika Anda ke Braga kini niscaya Anda tak akan menemukan puluhan warga asing berjalan lengkap dengan topi lebarnya. Atau, Anda tidak akan menemukan beberapa sado atau delman penarik orang Belanda berkeliling menikmati udara dingin Braga. Yang ada kini di setiap kiri-kanan jalan adalah pertokoan, rumah makan dan juga beberapa bar.

Datanglah setiap akhir pekan. Ada kemacetan dimana setiap pengendara kendaraan harus rela antri dan cerdas mengatur laju mobil supaya tak menyenggol kendaraan lain. Untuk pejalan kaki, harus berbesar hati karena di emper jalan telah ditumbuhi beberapa pedagang kaki lima, satu diantaranya adalah penjual lukisan.

Bagaimanapun, Braga adalah sebuah bukti sejarah. Kekuatannya telah terpancar begitu elok dan nyaris semua turis Belanda, atau bangsa Eropa lainnya, selalu merasa tidak sempurna kedatangannya ke Indonesia jika tidak berkunjung ke jalan Braga.
Bagaimana dengan Anda? Ditunggu kedatangannya! ( Tim Bidik Bandung )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar